WELCOME TO PESONA ALAM ACEH


"WELCOME TO PESONA ALAM ACEH"

Anda dimanapun berada, terima kasih sudah mengunjungi blogg ku ini, walau sederhana aku coba untuk berbagi pengetahuan untuk semua orang yang mencintai "komputernya" sebagai inspirasi hidup. Blogg ini adalah kumpulan berbagai tulisan yang pernah aku buat, baik yang sudah pernah dipublikasi, maupun hanya "tulisan singkat" yang bahasa kerennya disebut leaflet.
Kamis, 28 April 2011

BERWISATA KE LEUSER: SITUS WARISAN DUNIA

Add caption
Bagi anda yang ingin berwisata dan berpetualang di situs warisan dunia (Tropical Heritage Rainforest of Sumatra), dengan melihat aneka ragam terumbu karang, menikmati air terjun dan keindahan danau, menelusuri peninggalan sejarah, menemukan tumbuhan dan satwa langka, melakukan aktivitas outbond, mendaki gunung, menyusuri gua, berendam di air panas alami, mengarungi jeram, menghijaukan mata dan menyegarkan paru-paru serta bersantai sejenak bersama keluarga di pinggiran sungai, di Taman Nasional Gunung Leuserlah tempat yang paling tepat untuk melakukannya. Karena di Taman Nasional Gunung Leuser sangat mudah untuk menemukan tempat-tempat wisata bernuansa alami hutan hujan tropis untuk menyalurkan hobi berpetualang dan rekreasi seperti halnya di Bukit Lawang dan Ekowisata Tangkahan di Kabupaten Langkat – Sumatera Utara, Hutan Wisata Gurah di Kabupaten Aceh Tenggara serta beberapa lokasi wisata lainnya yang sedang berkembang.
Dikarenakan keindahan dan keunikan bentang alamnya serta Potensi kekayaan tumbuhan (3.500 jenis) dan satwanya (536 jenis) dengan spesies kunci bunga Raflesia, Orangutan, Gajah, Harimau dan Badak menempatkan Taman Nasional Gunung Leuser memperoleh predikat internasional sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1981, ASEAN Heritage Park pada tahun 1984 dan situs warisan dunia, Tropical Rainforest Heritage of Sumatra pada tahun 2004 oleh UNESCO.
Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu dari 5 taman nasional tertua yang ada di Indonesia, yang pertama kali ditetapkan oleh sebagai taman nasional pada tahun 1980 dan merupakan taman nasional terluas ke tiga di Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 276/Kpts-II/Menhut/1997 tanggal 27 Mei 1997 dengan luas 1.094.692 Ha. Nama Taman Nasional Gunung Leuser diambil dari Gunung Leuser yang membentang di kawasan tersebut dengan ketinggian mencapai 3.404 m dpl. Taman Nasional Gunung Leuser terletak di Provinsi Sumatera Utara (203.045,68 ha) dan Nanggroe Aceh Darussalam (891.646,73 ha).
Setiap pengunjung yang ingin masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser diwajibkan untuk memiliki surat ijin/tiket masuk dari instansi Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dengan tarif Rp. 2.500 per orang sekali masuk untuk pengunjung lokal dan Rp. 20.000 per orang sekali masuk untuk pengunjung mancanegara, disamping itu bagi yang membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 bagi pengunjung lokal dan Rp. 50.000 bagi pengunjung mancanegara per unit dan handy cam sebesar Rp. 15.000 bagi pengunjung lokal dan 150.000 bagi pengunjung mancanegara per unit.
Peta Objek dan Daya Tarik Wisata Alam TNGL
Peta Objek dan Daya Tarik Wisata Alam TNGL
Daya Tarik Wisata Leuser
Berwisata ke alam hutan hujan tropis (back to nature) saat ini telah menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan untuk memanjakan diri dan pikiran setelah jenuh menjalani runtinitas perkotaan. Hutan hujan tropis menyediakan oksigen sehat, mata air jernih, udara segar, panorama hutan yang hijau dan asri sangat bermanfaat untuk kesehatan badan, mendinginkan mata dan menyegarkan pikiran setelah jenuh dengan suasana perkotaan. Wisata hutan menjanjikan kesehatan badan dan pikiran bagi para pengunjungnya. Kebutuhan ini menjadikan Leuser yang dikenal juga sebagai hutan hujan tropis Sumatra yang sangat diminati masyarakat perkotaan untuk dikunjungi pada hari-hari libur. Bagi anda yang ingin berwisata ke Leuser, ada banyak spot lokasi wisata alam yang dapat dikunjungi yang secara umum memiliki daya tarik wisata berupa nuansa asri panorama alam hutan hujan tropis sumatera, keindahan alur sungai, kesejukan udara, keunikan tumbuhan dan atraksi satwa serta kesenian budaya masyarakat lokal yang kesemuanya akan memberikan kesan dan pengetahuan baru bagi yang mengunjunginya.
Untuk lokasi utama tujuan wisata di Leuser yang dapat dikunjungi secara massal (group) terdiri dari Bukit Lawang dan Tangkahan di Kabupaten Langkat Sumatera Utara serta Hutan Wisata Gurah di Kabupaten Aceh Tenggara. Di ketiga lokasi ini telah tersedia fasilitas akomodasi wisata seperti transportasi, penginapan dan restoran. Wisatawan asing dan lokal ramai mengunjungi lokasi wisata ini, dengan puncak kunjungan biasanya pada periode bulan Juli s/d Oktober setiap tahunnya.

0 komentar:

page

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Situs terlengkap

http://pentium.wapgem.com